The Sinking of the Lusitania the Sinking of the Lusitania a Easy Cartoon Pic
The Sinking of the Lusitania | |
---|---|
Sutradara |
|
Produser | |
Penulis | |
Distributor | Jewel Productions |
Tanggal rilis | 1918 |
Durasi | 12 menit |
Negara |
|
Bahasa | Film bisu dengan antar judul Inggris |
The Sinking of the Lusitania (Tenggelamnya Kapal Lusitania, 1918) adalah sebuah film animasi bisu pendek dengan latar belakang perang yang dibuat oleh kartunis Amerika Serikat Winsor McCay. Sebagai film propaganda, film ini merupakan penggambaran terhadap tenggelamnya kapal Britania RMS Lusitania tahun 1915 yang tidak memiliki dokumentasi gambar. Dengan durasi 12 menit, film ini disebut sebagai karya animasi terpanjang pada zaman ia dirilis. Film ini merupakan dokumenter animasi yang paling awal yang dapat bertahan kini.
Produksi [sunting | sunting sumber]
The Sinking of the Lusitania hanya membutuhkan 22 bulan untuk diselesaikan.[1] McCay mendapatkan bantuan dari tetangganya, seniman John Fitzsimmons, serta dari kartunis Cincinnati William Apthorp "Ap" Adams,[2] yang mengolah penampalan sel dalam rangkaian yang sesuai untuk difilmkan. McCay membuat ilustrasi pada siang hari untuk koran-koran William Randolph Hearst dan menggunakan waktu selepas kerjanya di rumah menggambar sel untuk film ini yang kemudian ia bawa ke Vitagraph Studios untuk difoto.[2]
Sebagaimana dengan film-filmnya yang lain, McCay membiayai Lusitania oleh biayanya sendiri. Sel menjadi pengeluaran tambahan namun mengurangi jumlah gambar yang harus dikerjakan dibandingkan dengan metode McCay sebelum-sebelumnya.[3] Sel yang digunakan lebih tebal daripada yang nantinya digunakan sebagai bahan standar industri serta memiliki sebuah "gigi" atau permukaan kasar yang dapat digunakan untuk menaruh pensil, wash, atau crayon. Jumlah rendering menyebabkan sel menjadi tidak rapih sehingga sulit untuk meratakannya dalam pemotretan. Fitzsimmons menangani masalah ini dengan menggunakan binder loose-leaf.[3]
McCay menjelaskan bahwa ia membutuhkan sekitar delapan minggu untuk memproduksi delapan detik film.[3] Lusitania didaftarkan hak ciptanya pada 19 Juli 1918,[4] [a] dan kemudian dirilis oleh Jewel Productions[5] yang disebutkan telah mendapatkannya dengan harga tertinggi untuk sebuah film beril satu kala itu.[6] Film ini dimasukkan sebagai bagian dari liputan kabar mingguan Universal Studios.[7] Penayangan perdananya di Inggris mengikuti pada Mei 1919.[8] Iklan menyebut film ini sebagai "satu-satunya catatan dunia mengenai kejahatan yang mengejutkan umat manusia".[8]
Tanggapan [sunting | sunting sumber]
Sejarawan animasi Paul Wells menjelaskan Lusitania sebagai "sebuah momen berpengaruh dalam perkembangan film animasi"[9] atas kombinasi gaya dokumenternya dengan unsur-unsur propaganda. Ia juga menganggapnya sebagai sebuah contoh animasi sebagai sebuah seni modernisme.[9] Steve Bottomore menilai film ini sebagai "versi sinema yang paling signifikan dari bencana Lusitania". Sebuah ulasan di The Cinema memuji film ini, terutama pada adegan saat torpedo pertama meledak yang mereka sebut "lebih dari kenyataan".[8]
Catatan kaki [sunting | sunting sumber]
- ^ John Canemaker menyebutkan penayangan pertama 20 Juli;[4] Earl Theisen menyebutkan 15 Agustus 1918.[5]
Referensi [sunting | sunting sumber]
- ^ Theisen 1933, hlm. 85.
- ^ a b Canemaker 2005, hlm. 188.
- ^ a b c Canemaker 2005, hlm. 193.
- ^ a b Canemaker 2005, hlm. 195.
- ^ a b Theisen 1933, hlm. 84.
- ^ Motography staff 1918, hlm. 74.
- ^ Crafton 1993, hlm. 116.
- ^ a b c Bottomore 2000, hlm. 161.
- ^ a b Telotte 2010, hlm. 49.
Daftar pustaka [sunting | sunting sumber]
Buku [sunting | sunting sumber]
- Barrier, Michael (2003). Hollywood Cartoons: American Animation in Its Golden Age. Oxford University Press. ISBN 978-0-19-516729-0.
- Beckerman, Howard (2003). Animation: The Whole Story. Skyhorse Publishing. ISBN 978-1-58115-301-9.
- Berenbaum, May R. (2009). The Earwig's Tail: A Modern Bestiary of Multi-Legged Legends. Harvard University Press. ISBN 978-0-674-03540-9.
- Bottomore, Stephen (2000). The Titanic and Silent Cinema. The Projection Box. ISBN 978-1-903000-00-7.
- Canemaker, John (2005). Winsor McCay: His Life and Art (edisi ke-Revised). Abrams Books. ISBN 978-0-8109-5941-5.
- Canwell, Bruce (2009). Mullaney, Dean, ed. Bringing Up Father: From Sea to Shining Sea the Cross-Country Tour of 1939–1940. IDW Publishing. ISBN 978-1-60010-508-1.
- Crafton, Donald (1993). Before Mickey: The Animated Film 1898–1928. University of Chicago Press. ISBN 9780226116679.
- Dover editors (1973). Dreams of the Rarebit Fiend. Dover Publications. ISBN 978-0-486-21347-7.
- Harvey, Robert C. (1994). The Art of the Funnies: An Aesthetic History. University Press of Mississippi. ISBN 978-0-87805-612-5.
- Kundert-Gibbs, John; Kundert-Gibbs, Kristin (2009). Action!: Acting Lessons for CG Animators. John Wiley & Sons. ISBN 978-0-470-59605-0.
- Marshall, Samuel Lyman Atwood (1964). World War I. Houghton Mifflin Harcourt. ISBN 978-0-618-05686-6.
- Roland, Alex; Bolster, W. Jeffrey; Keyssar, Alexander (2008). The Way of the Ship: America's Maritime History Reenvisoned, 1600–2000. John Wiley & Sons. ISBN 978-0-470-13600-3.
- Sabin, Roger (1993). Adult Comics: An Introduction. Routledge. ISBN 978-0-415-04419-6.
- Sito, Tom (2006). Drawing the Line: The Untold Story of the Animation Unions from Bosko to Bart Simpson. University Press of Kentucky. ISBN 978-0-8131-2407-0.
- Taylor, Jeremy (2007). "Some archetypal symbolic aspects of Dream of the Rarebit Fiend". Dalam Merkl, Ulrich. The Complete Dream of the Rarebit Fiend (1904–1913) by Winsor McCay 'Silas' (.doc). Catalog of episodes & text of the book: Ulrich Merkl. hlm. 552–561. ISBN 978-3-00-020751-8. (on included DVD)
- Telotte, J. P. (2010). Animating Space: From Mickey to Wall-E. University Press of Kentucky. ISBN 978-0-8131-2586-2.
- Theisen, Earl (1967) [1933]. "The History of the Animated Cartoon". Dalam Fielding, Raymond. A Technological History of Motion Pictures and Television. University of California Press. hlm. 84–87. ISBN 978-0-520-00411-5.
- Wells, Paul (2002). Animation: Genre and Authorship. Wallflower Press. ISBN 978-1-903364-20-8.
Jurnal [sunting | sunting sumber]
- Callahan, David (September–October 1988). "Cel Animation: Mass Production and Marginalization in the Animated Film Industry". Film History. Indiana University Press. 2 (3): 223–228. JSTOR 3815119.
- DelGaudio, Sybil (1997). "If Truth Be Told, Can 'Toons Tell It? Documentary and Animation". Film History. Indiana University Press. 9 (2): 189–199. JSTOR 3815174.
- Hoffer, Tom (Spring 1976). "From Comic Strips to Animation: Some Perspective on Winsor McCay". Journal of the University Film Association. University of Illinois Press. 28 (2): 23–32. JSTOR 20687319.
- Mikulak, Bill (Spring 1997). "Mickey Meets Mondrian: Cartoons Enter the Museum of Modern Art". Cinema Journal. University of Texas Press on behalf of the Society for Cinema & Media Studies. 36 (3): 56–72. JSTOR 1225675.
- Motography staff (1918-07-13). "Pays Big Price for One-Reeler". Motography. 20 (2): 74.
- McKenna, Daniel (Fall 2013). "Impression and Expression: Rethinking the Animated Image Through Winsor McCay". Synoptique. 2 (2). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-03-05. Diakses tanggal 2015-05-07 .
Sumber lain [sunting | sunting sumber]
- Hubbard, Amy (2012-10-15). "Celebrating Little Nemo by Winsor McCay; his 'demons' made him do it". Los Angeles Times . Diakses tanggal 2012-12-15 .
Bacaan lebih lanjut [sunting | sunting sumber]
- Wells, Paul (2002). Animation And America. Edinburgh University Press. ISBN 978-1-85331-203-8.
Pranala luar [sunting | sunting sumber]
Source: https://id.wikipedia.org/wiki/The_Sinking_of_the_Lusitania
0 Response to "The Sinking of the Lusitania the Sinking of the Lusitania a Easy Cartoon Pic"
Post a Comment